Jumat, 08 April 2016

TURKEY SEBAGAI NEGARA BERKEMBANG








Kali ini saya akan mencoba berbagi pengetahuan saya tentang pembangunan negara turki sebagai negara berkembang dilihat dari paradigma Teori Modernisasi !

Shoemaker menyatakan Pembangunan merupakan suatu jenis perubahan sosial dimana ide-ide baru diperkenalkan kepada suatu sistem sosial untuk menghasilkan pendapatan perkapita dan tingkat kehidupan yang lebih tinggi melalui metode produksi yang lebih modernisasi pada tingkat sistem sosial.

Kemudian, Apa itu Teori Modernisasi ?
Menurut JW School, Teori Modernisasi merupakan transformasi, perubahan dalam masyarakat dalam segala aspeknya. Teori modernisasi menggambarkan proses transformasi dari masyarakat tradisional ke masyarakat modern (industri barat).

Ciri-ciri Teori Modernisme:
1.  Lokasisasi teoritis dari permasalahan: keterbelakangan merupakan stadium awal perkembangan masyarakat

2. Munculnya permasalahan: penyebab keterbelakangan berasal dari situasi endogen

3. Definisi hubungan antara negara berkembang dengan negara industri: negara industri adalah panutan & tujuan proses pembangunan

4. Konseptualisasi struktur masalah internal: struktur internal masyarakat negara berkembang bersifat dualistis (modern & tradisional)

5. Konseptualisasi proses pembangunan: negara berkembang melakukan pembangunan dengan cara yang pernah dilakukan oleh negara maju

Dari ciri-ciri teori modernisasi diatas kita dapat membuat kesimpulan bahwa negara Turki termasuk negara berkembang yang memiliki proses transformasi dari masyarakat tradisional ke masyarakat modern, dapat dilihat dari:


1. Sejarah Negara Turki




Raja Sulaiman (Masa pemerintahan Ottoman)


TURKEY


Negara Turki adalah negara di dua benua. Dengan luas wilayah sekitar 814.578 kilometer persegi, 97% (790.200 km persegi) wilayahnya terletak di benua Asia dan sisanya sekitar 3% (24.378 km persegi) terletak di benua Eropa. Posisi geografi yang strategis itu menjadikan Turki jembatan antara Timur dan Barat. Bangsa Turki diperkirakan berasal dari Asia Tengah. Secara historis, bangsa Turki mewarisi peradaban Romawi di Anatolia, peradaban Islam, Arab dan Persia sebagai warisan dari Imperium Ustmani dan pengaruh negara-negara Barat Modern. Hingga saat ini bangunan-bangunan bersejarah masa Bizantium masih banyak ditemukan di Istanbul dan kota-kota lainnya di Turki. Yang paling terkenal adalah Aya Sofya, suatu gereja di masa Bizantium yang berubah fungsinya menjadi masjid pada masa Khalifah Ustmani dan sejak pemerintahan Mustafa Kemal hingga kini dijadikan museum. 

Peradaban Islam dengan pengaruh Arab dan Persia menjadi warisan yang mendalam bagi masyarakat Turki sebagai peninggalan Dinasti Ustmani. Islam di masa kekhalifahan diterapkan sebagai agama yang mengatur hubungan antara manusia sebagai makhluk dengan Allah SWT sebagai Khalik, Sang Pencipta; dan juga suatu sistem sosial yang melandasi kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Islam yang muncul di Jazirah Arab dan telah berkembang lama di wilayah Persia, berkembang di wilayah kekuasaan Kekhalifahan Turki dengan membawa peradaban dua bangsa tersebut. Perkembangan selanjutnya memperlihatkan pengaruh yang kuat kedua peradaban tersebut ke dalam kebudayaan bangsa Turki. Kondisi ini menimbulkan kekeliruan pada masyarakat awam yang sering menganggap bahwa bangsa Turki sama dengan bangsa Arab. Suatu anggapan yang keliru yang selalu ingin diluruskan oleh bangsa Turki sejak tumbuhnya nasionalisme pada abad ke-19. Selanjutnya arah modernisasi yang berkiblat ke Barat telah menyerap unsur-unsur budaya Barat yang dianggap modern. Campuran peradaban Turki, Islam dan Barat, inilah yang telah mewarnai identitas masyarakat Turki. 

Masyarakat Indonesia mengenal Turki sebagai suatu negara berpenduduk mayoritas Muslim. Kita juga mengenal Turki sebagai bangsa yang pernah memimpin dunia Islam selama tujuh ratus tahun, dari permulaan abad ke-13 hingga jatuhnya Kekhalifahan Ustmani pada awal abad ke-20. Fenomena kehidupan masyarakat Turki menjadi menarik ketika negara Turki yang berdiri tahun 1923 menyatakan sebagai sebuah negara sekuler, di mana Islam yang telah berfungsi sebagai agama dan sistem hidup bermasyarakat dan bernegara selama lebih dari tujuh abad, dijauhkan peranannya dan digantikan oleh sistem Barat.

2. Adanya permasalahan didalam negaranya yaitu mengenai bangsa Kurdi

Bangsa Kurdi merupakan bangsa yang hidup di pegunungan, kira-kira dalam regional seluas 74.000 mil persegi, yang dikenal sebagai kawasan Kurdistan selama lebih dari dua abad. Sepanjang sejarah, mereka selalu hidup di bawah kuasa berbagai penakluk ataupun bangsa lain. Semenjak awal abad 20, regional tersebut terbagi ke dalam empat negara: Turki, Suriah, Iran dan Irak, di mana seluruh negara tersebut memperlakukan bangsa Kurdi sebagai warga kelas bawah atau bahkan sering juga bukan sebagai warga negara mereka sendiri. Dengan demikian, bangsa Kurdi, yang berjumlah sekitar 20–25 jiwa, adalah kelompok etnis terbesar di atas muka bumi yang tak memiliki tempatnya sendiri. Di Turki, Bangsa Kurdi sebagian besar berada di sebelah barat negara Turki.

Bangsa Kurdi masih memegang erat budaya tradisional yang dapat dikatakan sudah ditinggalkan oleh masyarakat modern Turki dan menyebabkan pemberontakan bangsa kurdi. Sejatinya, Pemberontakan Kurdi melawan Kekaisaran Ottoman telah berlangsung selama lebih dari dua abad, namun konflik yang modern muncul kembali ketika Perang Kemerdekaan Turki.  Dimana Turki mendirikan negara Nasionalis, dan dianggap menindas Hak Asasi Manusia Bangsa Kurdi.

Baru-baru ini, terdapat masalah antara bangsa kurdi dengan Negaranya Turki, mengenai Islamic State yang berada di Suriah atau yang kita kenal dengan ISIS. Bangsa Kurdi yang berada di perbatasan antara Suriah dan Turki, Turki menganggap Bangsa Kurdi telah mendukung adanya Islamic State di Suriah, dan menjadi anggota Islamic State tersebut. Namun Konflik ini masih dalam proses penyelidikan, dan belum pasti kebenarannya.


3. Turki sebagai Negara Berkembang

Negara berkembang adalah suatu negara yang pendapatan rata-ratanya rendah, infastruktur relatif berkembang, dan indeks perkembangan manusia berada di bawah standar normal global. Kelompok negara ini memiliki pembangunan sosial terbelakang yang tampak pada rendahnya kualitas sumber daya manusia. 

Berdasarkan Ciri-ciri negara berkembang, antara lain :

• Tingkat pendapatan yang rendah

Pendapatan perkapita negara turki hanya mencapai $9.176, pendapatan perkapita ini masih dikatakan sangat rendah karena untuk negara maju pendapatan perkapita bisa mencapai $49.601 (AS).

• Angka pertumbuhan penduduk tinggi

Hingga tahun 2014 Jumlah penduduk di negara turki sebesar 77.695.904 dengan tingkat kepadatan 100/km². 

• Besarnya angka pengangguran

Angka Pengangguran di negara Turki mencapai 10.9% dari seluruh jumlah penduduk, dapat dikatakan sekitar 8.546.549 penduduknya menganggur.


• Ketergantungan pada sektor pertanian dan ekspor produk primer

Turki merupakan penghasil bahan pertanian terbesar di Benua Eropa seperti hazelnut, ceri, delima, bawang, gula, teh, kapas, gandum, dll. Dengan ini pertanian merupakan penyumbang lapangan pekerjaan terbesar di negara Turki, sekitar 40% penduduknya bergerak dibidang pertanian.
Perekonomian Turki juga pernah mengalami krisis pada tahun 2008 terhadap Euro yang mengakibatkan Turki harus membangun kembali perekonomiannya.



4. Masalah yang baru-baru dihadapi turki


  • Krisis Hubungan Diplomatik antara Turki dengan Rusia


Pada tanggal 24 November 2015 lalu, masyarakat dunia telah dibuat heboh karena adanya penembakan Jet milik Rusia oleh Turki dikarenakan memasuki wilayah udara negaranya, pada insiden tersebut menewaskan 2 pilot Rusia.

Ankara menyatakan, dua jet tempur F-16 menembak jatuh jet tempur Rusia, Su-24, karena melanggar wilayah udara Turki sebanyak 10 kali dalam periode 5 menit di perbatasan Suriah dan menganggap pesawat tersebut dapat mengganggu kedaulatan negaranya. Disisi lain negara Rusia menyatakan bahwa Jet tersebut tidak terbang di wilayah udara negara Turki namun di wilayah udara Suriah. Hal ini mengakibatkan kemarahan diantara dua negara tersebut.

Negara Turki meminta bantuan kepada NATO untuk menyelesaikan masalah ini. Dengan adanya laporan tersebut NATO mengumpulkan para Duta Besar negara Anggotanya dan menggelar rapat besar.

Sebagai respons atas permintaan itu, NATO menempatkan rudal Patriot yang bisa menembak jatuh pesawat dan rudalnya di selatan Turki. Namun, rudal tersebut ditarik kembali pada akhir tahun ini.

Kasus ini tidakberhenti disini saja, Negara BeruangMerah (Rusia) pun tak ingin kalah, Rusia memberikan sanksi sanksi ekonomi kepada Turki, sebagai bentuk kemarahannya atas peristiwa ini. Salah satunya adalah pelarangan penjualan komoditas Turki ke Rusia. Komoditas terbesar adalah buah-buahan dan sayur-sayuran. Negara tersebut mengekspor produk pertanian dan makanan yang nilainya melebihi €1 miliar atau lebih dari Rp14 triliun ke Rusia tahun ini. Sekadar catatan, 20 persen dari sayuran impor di Rusia berasal dari Turki. Adanya sanksi ekonomi dari Rusia ini menyebabkan Turki kehilangan penghasilannya sekitar Rp138 Triliun.

Namun keterkaitan antara makanan dan kebijakan luar negeri di Rusia bukan hal baru. Dari mulai wine Georgia, apel Polandia, susu Lithuania, atau keju Uni Eropa, kebijakan "keamanan" impor pangan Rusia selalu sejalan dengan kebijakan politik luar negerinya Sampai sekarangpun kasus ini masih diperdebatkan dan menghancurkan hubungan diplomatik antar Rusia dengan Turki, dan masih ditunggu kebijakan selanjutnya.

  • Krisis Pengungsi Suriah di Negara Turki



Yang kita ketahui, sekarang terjadi invasi dari Isalmic State (ISIS) di negara Suriah yang menyebabkan waga negaranya pergi untuk mengungsi ke negara lain agar aman. Sebagai negara yang berbatasan langsung dengan suriah, Turki sering dijadikan sasaran empuk oleh Bom-Bom bunuh diri, yang dampaknya pada tewasnya beberapa warga ngara turki, kemudian Turki juga merupakan tempat yang sangat tepat untuk disinggahi oleh para pengungsi dari suriah. Namun hal ini menyebabkan Turki mengalami krisis ekonomi di negaranya, dengan kata lain untuk mencukupi kebutuhan warga negaranya saja itu sudah cukup bagus, namun dengan kedatangan pengungsi ini akan menambah beban negara. Saat ini diperkirakan terdapat sekitar 2,5 juta pengungsi Suriah yang berada di Turki dalam upaya untuk memasuki Eropa dengan tujuan pertama Yunani. Oleh karena itu, dengan semakin banyaknya pengungsi yang berdatangan kesana, Turki membuat perjanjian kerjasama dengan Uni Eropa. Melalui perjanjian antara Uni Eropa dan Turki, semua migran Suriah yang mencapai daratan Yunani harus dikirim ke Turki jika mereka tidak mengajukan permohonan suaka atau permohonan mereka ditolak.

Lalu, untuk setiap migran Suriah yang dikirim ke Turki, satu migran Suriah yang telah berada di Turki akan ditempatkan di Uni Eropa. Eropa menghadapi krisis pengungsi terbesar sejak Perang Dunia II dengan satu juta lebih pendatang -sebagian besar dari Suriah- memasuki wilayah Uni Eropa secara gelap sepanjang tahun 2015.

Dengan isi perjanjian :
  • Semua migran tak berdokumen resmi yang menyeberang dari Turki ke Yunani mulai 20 Maret akan dikirim kembali ke Turki. Setiap migran yang datang akan ditinjau secara menyeluruh oleh aparat Yunani.
  • Untuk setiap migran asal Suriah yang dikembalikan ke Turki, migran Suriah yang telah berada di Turki akan dikirim ke Uni Eropa. Prioritas akan diberikan bagi mereka yang belum mencoba masuk Uni Eropa secara ilegal dan jumlahnya dibatasi hingga 72.000 orang.
  • Warga Turki akan diberikan visa Schengen yang berlaku di semua negara anggota Uni Eropa mulai Juni mendatang.
  • Uni Eropa akan mempercepat dana bantuan sebesar 3 miliar euro (Rp44,2 triliun) ke Turki untuk menolong para migran.
  • Baik Uni Eropa maupun Turki sepakat menyegarkan kembali permintaan Turki untuk bergabung dengan Uni Eropa. 

Mungkin Hanya ini yang bisa saya bagikan kepada readers, Kritik & Saran sangat saya butuhkan untuk memperbaiki Blog ini, saya tunggu di kolom Komentar ..
ThankYou

Sumber :

Portal berita :

Jurnal :
Kurniawan Rahmat (2015).Sejarah Turki Utsmani.

PPT :
Setyasih Harini S.IP.,MSi (2016). Teori Modernisme.Universitas Slamet Riyadi Surakarta.

24 komentar:

  1. Bagus bangett nambah ilmu gann

    BalasHapus
  2. Negara crescent moon and star... dulu pernah menguasai separuh asia... informasi yang menarik... turki emang beda .... makasih buat informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Masukannya, Komentar anda akan saya jadikan bahan untuk memperbaiki blog ini..

      Hapus
  3. Benar-benar menambah pengetahuan saya.... Yg semula pemikiran saya ttg negara turki seperti suasana di serial drama turki apalagi salah satu serial turki yg sempat booming dimana gaya hidup sudah waw namun disini dijelaskan mengenai keadaan lbh jelas dan terdapat ferensinya juga.. skrg pengetahuan saya bertambah. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Masukannya, Komentar anda akan saya jadikan bahan untuk memperbaiki blog ini..

      Hapus
  4. Enaknya warga Turki, negaranya terletak di 2 benua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Masukannya, Komentar anda akan saya jadikan bahan untuk memperbaiki blog ini..

      Hapus
  5. Jadi turki kek gini ya , aku taunya turki dari sinetron sinetron di tipi doang sih ahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Masukannya, Komentar anda akan saya jadikan bahan untuk memperbaiki blog ini..

      Hapus
  6. Jadi keinget telenovela serial turki, cinta dimusim cherry 🍒
    tp kasihan kemaren banyak korban yg terkena bom di kota ankara 😌

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, oleh karena itu sekarang negara turki akan sangat ketat dalam menjaga perbatasan dan juga warga negaranya..
      Terimakasih Masukannya, Komentar anda akan saya jadikan bahan untuk memperbaiki blog ini..

      Hapus
  7. Yang terkenal dari turki yang pertama adalah serial televisinya yang banyak sekali digandrungi masyarakat Indonesia. sebaiknya para pengembar serial turki harus baca blog ini biar menambah wawasan.... terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Masukannya, Komentar anda akan saya jadikan bahan untuk memperbaiki blog ini..

      Hapus
  8. wah, jadi semakin mengenal turki. terimakasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Masukannya, Komentar anda akan saya jadikan bahan untuk memperbaiki blog ini..

      Hapus
  9. Dari blog ini saya menyimpulkan bahwa apa yang ditontonkan di serial tv atau film itu biasanya berbeda jauh dg kondisi sebenarnya suatu negara. Terima kasih infonya ella~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Masukannya, Komentar anda akan saya jadikan bahan untuk memperbaiki blog ini..

      Hapus
  10. informasinya menarik kak, selama ini cuman tahu dari televisi saja. terimakasih kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Masukannya, Komentar anda akan saya jadikan bahan untuk memperbaiki blog ini..

      Hapus
  11. Turki!! Salah satu negara dengan destinasi wisata yang keren!. Jadi ingat, dulu pernah ada tugas bikin presentasi dan berandai jadi tourguide di Turki. Dengan artikel ini jadi semakin memperkaya wawasanku tentang Turki.. hmm, semangat terus buat nulis dan sukses ya pal!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Masukannya, Komentar anda akan saya jadikan bahan untuk memperbaiki blog ini..

      Hapus
  12. Permasalahan etnis, suku, budaya maupun ras merupakan hal yg sangat sensitif untuk dibahas, dgn adanya blog ini mungkin bakal ada solusi untuk masalah bangsa kurdi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga saja dapat diselesaikan,
      Terimakasih Masukannya, Komentar anda akan saya jadikan bahan untuk memperbaiki blog ini..

      Hapus